DIGITAL KORLANTAS
INFO UMUM
Apa itu aplikasi Digital Korlantas POLRI?
Aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah aplikasi resmi dari Korlantas POLRI Indonesia untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan di Korlantas.
Apa saja fitur yang ada di aplikasi Digital Korlantas POLRI?
Fitur-fitur yang ada di aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah:
- SINAR (SIM Nasional Presisi)
- Pendaftaran SIM
Layanan akan segera hadir.
- Perpanjang SIM
Tidak perlu antri, kini Anda dapat melakukan perpanjangan SIM secara online dengan mudah dan cepat melalui layanan SINAR (SIM Nasional Presisi). SIM akan langsung dikirim ke rumah Anda.
- Pendaftaran SIM
- SIGNAL (Samsat Digital Nasional)
Layanan akan segera hadir.
- NTMC (National Traffic Management Center)
Layanan akan segera hadir.
- ETLE
Layanan akan segera hadir.
Bagaimana cara mendownload aplikasi Digital Korlantas POLRI?
- Download
Aplikasi Digital Korlantas POLRI dapat didownload di Playstore untuk Android dan di Appstore untuk iOS. Minimal os untuk Android adalah Android Lollipop versi 5.0
- Registrasi
Lakukan registrasi di aplikasi Digital Korlantas POLRI.
- Siap Dipakai
Aplikasi Digital Korlantas POLRI siap digunakan.
Apa saja kelebihan aplikasi Digital Korlantas POLRI?
- Digital ID
Representasi digital dari identitas fisik yang disimpan secara online dengan sistem keamanan data yang terenkripsi.
- Biometric Authentication
Penggunaan Face Recognition dengan fitur Liveness yang terintegrasi dengan data biometrik E-KTP sehingga data Anda terlindungi oleh sistem.
- Mempercepat Proses Administrasi
Pelayanan terintegrasi secara daring sehingga mempercepat proses administrasi.
- Memudahkan Proses Pembayaran
Anda dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia di aplikasi.
- Tak Perlu Datang ke SATPAS/SAMSAT
Dokumen dikirimkan langsung ke rumah Anda sehingga Anda tidak perlu datang ke SATPAS/SAMSAT untuk pengambilan dokumen.
AKUN DAN PENGATURAN
Tahapan melakukan registrasi aplikasi
- Masukkan no handphone, lalu Anda akan menerima kode OTP via SMS.
- Masukkan kode OTP.
- Buat PIN dan konfirmasi PIN.
- Lengkapi profile di menu profile dengan mengisi no NIK, Nama, dan email. Lalu Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun Anda.
- Kemudian lakukan verifikasi E-KTP dengan melakukan foto Liveness.
Mengapa saya tidak bisa mendaftarkan nomor ponsel di aplikasi Digital Korlantas?
- Pastikan aplikasi Digital Korlantas Anda sudah di upgrade ke versi terbaru
- Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil/baik
- Nomor telepon yang Anda daftarkan belum pernah terdaftar di Digital Korlantas, karena setiap nomor telepon hanya dapat digunakan di satu akun Digital Korlantas.
- Jika Anda masih mengalami kendala saat proses registrasi, silahkan sampaikan kepada Kami melalui email info@digitalkorlantas.id
Bagaimana cara log-in pada aplikasi Digital Korlantas?
- Masukkan nomor ponsel yang sudah didaftarkan
- Masukkan kata sandi
- Kemudian klik tombol lanjutkan.
Mengapa saya tidak bisa login di aplikasi Digital Korlantas?
yang bisa Anda lakukan :
- Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil/baik
- Uninstall Aplikasi Korlantas lalu reinstall
- Lakukan clear cache pada perangkat ponsel dengan cara berikut :
- Pilih menu “Setting/Pengaturan” perangkat ponsel
- Pilih “Application Manager”
- Pilih “Clear Cache”
- Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Digital Korlantas
resmi melalui App Store/Play Store dan telah membaca “Syarat
dan Ketentuan” Penggunaan Aplikasi Korlantas yang berlaku - Coba login Kembali
berhasil login, Anda dapat menghubungi Kami melalui email info@digitalkorlantas.id
Bagaimana Cara Mendapatkan OTP?
Provider Telkomsel
- Masukkan no handphone
- Pilih pesan untuk mendapatkan kode OTP
- Kirim format SMS code tersebut ke 99333, pastikan Anda memiliki pulsa
- Anda akan menerima SMS balasan. Balas dengan ketik kata OK ke 99333
- Tunggu SMS balasan. Setelah mendapat SMS “silahkan kembali ke aplikasi untuk melanjutkan”, kembali ke aplikasi Digital Korlantas dan verifikasi no handphone Anda berhasil
- Buat 6 digit PIN, konfirmasi PIN, dan masuk ke halaman beranda
Provider Indosat dan Tri
- Masukkan no handphone
- Pilih pesan untuk mendapatkan kode OTP
- Kirim format SMS code tersebut ke 99333, pastikan Anda memiliki pulsa
- Tunggu SMS balasan. Setelah mendapat SMS “silahkan kembali ke aplikasi untuk melanjutkan”, kembali ke aplikasi Digital Korlantas dan verifikasi no handphone Anda berhasil
- Buat 6 digit PIN, konfirmasi PIN, dan masuk ke halaman beranda
Provider XL
- Masukkan no handphone
- Pilih pesan untuk mendapatkan kode OTP
- Kirim format SMS code tersebut ke 99333, pastikan Anda memiliki pulsa
- Anda akan menerima SMS balasan. Balas dengan OTP yang Anda terima misal Kode OTP 8181, balas dengan ketik 8181 ke 99333
- Tunggu SMS balasan. Setelah mendapat SMS “silahkan kembali ke aplikasi untuk melanjutkan”, kembali ke aplikasi Digital Korlantas dan verifikasi no handphone Anda berhasil
- Buat 6 digit PIN, konfirmasi PIN, dan masuk ke halaman beranda
Mengapa saya tidak mendapatkan email verifikasi?
Saya sudah verifikasi email saya kenapa masih diminta verifikasi email?
Silakan Clear Cache aplikasi Digital Korlantas terlebih dahulu. Pastikan jaringan sinyal bekerja dengan baik atau Anda dapat mengirim ulang email verifikasi pada menu profil dan mengklik tombol AKTIVASI AKUN SAYA pada email verifikasi yang terbaru.
Data apa saja yang dapat diubah pada aplikasi Digital Korlantas?
Data yang dapat diubah adalah :
- Nama lengkap
- NIK (hanya dapat diubah jika belum terverifikasi)
- Nomor Ponsel (hanya dapat diubah jika belum terverifikasi)
- Alamat email (hanya dapat diubah jika belum terverifikasi)
Mengapa saya tidak bisa melakukan verifikasi E-KTP?
- Wajah Anda harus berada di dalam area foto
- Usahakan foto dalam pencahayaan yang baik
- Jangan menggunakan kacamata saat mengambil foto
- Pastikan hasil foto tidak buram/blur
- Pandangan harus fokus ke motion yang ada pada layar handphone Anda dan ikuti instruksi secara tepat gerakan dari proses pengambilan foto wajah
- Pastikan berada di ruangan yang terang
- Pastikan sinyal atau jaringan dalam kondisi baik
- Anda dapat mencoba menurunkan resolusi kamera depan handphone Anda menjadi lebih kecil atau mencoba menggunakan handphone lain.
KEAMANAN
Saya mendapatkan indikasi akun Digital Korlantas saya diambil alih oleh orang lain, bagaimana saya bisa menindaklanjutinya?
- Anda kehilangan akses untuk masuk ke akun Korlantas setelah memasukkan nomor ponsel dan kata sandi yang benar
- Ada data SIM dan transaksi tidak dikenal pada akun Korlantas
- Anda menerima kode OTP tanpa adanya permintaan sebelumnya
Saya mendapatkan indikasi penipuan yang mengatasnamakan Digital Korlantas, bagaimana saya bisa menindaklanjutinya?
Pihak Digital Korlantas selalu berusaha menjaga keamanan setiap pengguna, untuk itu jangan pernah memberikan kode verifikasi/kata sandi Anda kepada siapapun termasuk pihak Digital Korlantas. Selalu pastikan kebenaran informasi yang Anda terima.
SIM
TES
Apa itu tes RIKKES Jasmani?
Tes RIKKES Jasmani adalah pemeriksaan jasmani yang dilakukan oleh dokter yang dicatat secara daring.
Apa itu tes psikologi?
Di mana saya dapat melakukan tes RIKKES Jasmani dan tes psikologi?
Anda dapat mengunjungi app.eppsi.id untuk melakukan tes psikologi di browser handphone Anda. Dan erikkes.id untuk melakukan tes RIKKES Jasmani di browser handphone Anda.
Berapa biaya tes psikologi?
Biaya untuk melakukan tes psikologi sebesar Rp37,500.
PEMBAYARAN & PENGEMBALIAN DANA
Apa saja metode pembayaran yang tersedia?
Bagaimana cara melakukan pembayaran?
-
- Teller BNI
- Isi Formulir Setoran Rekening
- Pilih setoran tunai
- Input nominal setoran, nama pemilik rekening dan nomor virtual account
- Input nama dan tanda tangan penyetor
- Isi Formulir Pemindahbukuan Rekening
- Input nama penerima, nomor virtual account, cabang penerima, dan nominal pembayaran
- Input nama, nomor rekening, dan cabang penyetor
-
- ATM BNI
- Menu Lainnya
- Pilih Transfer
- Pilih Rekening Tabungan
- Pilih Ke Rekening BNI
- Input nomor virtual account
- Input nominal transfer yang sesuai dengan tagihan
- Konfirmasi pemindahbukuan
-
- SMS Banking BNI
-
- Menu Transfer
- Pilih Daftar Transfer – Tambah
- Pilih Jenis Tujuan ke BCA Virtual Account
- Input nomor virtual account dan nominal transfer yang sesuai dengan tagihan
- Klik YES dan SEND
- Reply sms dengan ketik pin digit ke 2 dan 6
- Ketik SMS ke 3346 dengan format:
TRF(spasi)Nomor VA BNI(spasi)Nominal
-
- Internet Banking BNI
- Menu Transfer
- Pilih Tambah Rekening Favorit
- Pilih Antar Rekening BNI
- Bila menggunakan desktop untuk menambah rekening: menu Transaksi, lalu Atur Rekening Tujuan, Tambah Rekening Tujuan
- Masukkan nama dan nomor virtual account
- Input kode otentikasi token
- Rekening tujuan berhasil ditambahkan
- Kembali ke menu Transfer
- Pilih Transfer Antar Rekening BNI
- Pilih Rekening Tujuan
- Pilih rekening debet dan input nominal transfer yang sesuai dengan tagihan
- Input kode otentikasi token
-
- Mobile Banking BNI
- Menu Transfer
- Pilih Antar Rekening BNI dan Input Rekening Baru
- Input rekening debet, nomor virtual account di rekening tujuan, dan nominal transfer yang sesuai dengan tagihan
- Input password dan konfirmasi transaksi
-
- Teller Bank Lain
- Isi Form Pengiriman Uang/Transfer
- Rekening tujuan diisi dengan nomor virtual account
- Nama penerima diisi dengan nama virtual account
- Input nominal pembayaran yang sesuai dengan tagihan
- Bank penerima diisi dengan BNI
-
- Internet Banking Bank Lain
- Menu Transfer
- Pilih Rekening Bank Lain atau Daftar Transfer Antar Bank
- Input nomor virtual account pada rekening tujuan
- Setelah rekening atau nomor virtual account berhasil ditambahkan, pilih transfer antar Bank
- Pilih nomor virtual account dan input nominal pembayaran yang sesuai dengan tagihan
- Input bank penerima dengan BNI
- Jenis transfer yang digunakan adalah online/realtime
- Konfirmasi dan proses pembayaran
-
- ATM Bank Lain
- Menu Transfer
- Pilih Rekening Bank Lain
- Input kode bank 009
- Input nomor virtual account pada rekening tujuan
- Input nominal pembayaran yang sesuai dengan tagihan
- Konfirmasi dan proses pembayaran
Apa itu rekening pengembalian?
Bagaimana jika saya tidak mendapat no virtual account?
- Anda dapat menuju ke menu transaksi lalu pilih transaksi Anda. Kemudian klik tombol Lanjut ke Pembayaran. Jangan lupa untuk mengklik Pilih Metode Pembayaran dan Lihat Nomor Rekening. Pastikan aplikasi Anda sudah terupdate
- Mohon mengecek email Anda yang berisi nomor virtual account.
- Jika masih tidak mendapatkan nomor virtual account, silahkan lakukan clear cache dan lakukan pengajuan ulang dalam waktu 1×24 jam.
Mengapa transaksi saya dibatalkan?
Transaksi dibatalkan karena Anda tidak melakukan pembayaran dalam waktu yang ditentukan atau Anda tidak mengklik Pilih Metode Pembayaran dan mengklik Lihat Nomor Rekening. Anda dapat mengulangi pengajuan Anda.
Kapan saya menerima dana refund?
Silahkan cek rekening pengembalian dana Anda secara berkala 1-5 hari kerja sejak Anda menerima informasi pengajuan ditolak. Dana refund akan dikurangi biaya admin sebesar Rp10.000 dan biaya transfer antar bank sebesar Rp6.500. Biaya tes Rikkes dan psikologi tidak dapat direfund. Dana ditransfer dari BNI atas nama PT Lintas Tjipta Solusi
PENGIRIMAN DAN PENGAMBILAN
Apa saja metode pengiriman yang tersedia?
Apa saja metode pengambilan yang ada?
Jika saya sudah melakukan digitalisasi SIM, apakah dapat menggantikan kartu fisik?
Apakah saya bisa mengganti metode pengambilan Ambil sendiri menjadi dikirim oleh POS Indonesia?
Jika Anda sudah memilih metode pengambilan Ambil Sendiri maka tidak bisa diubah ke metode pengiriman oleh POS Indonesia. Silahkan mengambil SIM Anda di SATPAS yang sudah Anda pilih.
Kapan saya dapat mengambil SIM?
Jika Anda sudah mendapat email pemberitahuan bawah SIM sudah dapat diambil, Anda dapat mengambil SIM Anda di jam operasional SATPAS . Jam operasional SATPAS yaitu Senin s/d Sabtu pukul 08:00 – 12:00. Mohon membawa KTP, bukti nomor registrasi, dan SIM lama Anda.
PERPANJANGAN SIM
Bagaimana cara melakukan perpanjangan SIM?
- Unduh aplikasi Digital Korlantas POLRI di Playstore
- Kemudian lakukan registrasi aplikasi dengan mengisi no handphone, lalu Anda akan menerima kode OTP via SMS.
- Masukkan kode OTP
- Buat PIN dan konfirmasi PIN
- Lengkapi profile di menu profile dengan mengisi no NIK, Nama, dan email. Lalu Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun Anda
- Kemudian lakukan verifikasi E-KTP dengan melakukan foto Liveness
- Sebelum melakukan permohonan perpanjangan SIM, mohon untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti; E-KTP, foto SIM lama, Tanda tangan di atas kertas putih, dan pas foto dengan latar berwarna biru.
- Kemudian, lakukan tes rikkes jasmani di erikkes.id dan tes psikologi di app.eppsi.id. Anda dapat membuka website tersebut di browser handphone Anda.
- Setelah itu lakukan permohonan perpanjangan SIM dengan mengklik Menu SIM dan pilih perpanjangan SIM
- Unggah dokumen yang diperlukan untuk melakukan perpanjangan SIM
- Pilih SATPAS penerbit
- Masukkan nomor rekening pengembalian untuk pengembalian dana jika pengajuan perpanjangan SIM ditolak oleh SATPAS dikarenakan dokumen pengajuan tidak memenuhi persyaratan.
- Pilih metode pengiriman/metode pengambilan. Jika Anda memilih metode pengiriman POS Indonesia, masukkan alamat pengiriman
- Pilih metode pembayaran jangan lupa untuk mengklik Lihat Nomor Rekening dan lakukan pembayaran dengan virtual account BNI.
- Periksa status transaksi Anda secara berkala di menu transaksi
- Jika SIM telah diterima, isi indeks kepuasan pelanggan
- Transaksi perpanjangan SIM selesai dan SIM baru akan terdigitalisasi setelah Anda mengklik tombol perbarui.
Apakah saya perlu datang ke SATPAS untuk melakukan perpanjangan SIM?
Apa saja dokumen yang perlu saya siapkan untuk melakukan perpanjangan SIM?
- SIM lama Anda
- E-KTP
- Hasil RIKKES Jasmani
- Hasil Tes Psikologi
- Pas foto (bukan foto selfie) dengan background berwarna biru.
- Foto tanda tangan di atas kertas putih polos dengan tinta yang tebal
Mohon memastikan dokumen yang disubmit tidak buram untuk memudahkan verifikasi data dan untuk menghindari penolakan SATPAS.
Di mana saya dapat melakukan tes RIKKES Jasmani dan tes psikologi?
Berapa biaya melakukan tes RIKKES Jasmani dan tes psikologi?
Berapa biaya perpanjangan SIM Nasional?
Berapa lama proses perpanjangan SIM?
Proses perpanjangan SIM memerlukan waktu 3-7 hari kerja tergantung dari antrian, namun jika antrian di SATPAS mengalami lonjakan, maka proses membutuhkan waktu yang lebih panjang (belum termasuk proses pengiriman dari SATPAS ke alamat pengiriman Anda). Jam operasional SATPAS yaitu Senin s/d Sabtu pukul 08:00 – 15:00. Permohonan SIM di atas pukul 15:00 akan diproses esok hari. Silahkan mengecek status transaksi Anda secara berkala di aplikasi. Mohon memastikan dokumen dan data yang disubmit lengkap dan benar untuk menghindari penolakan oleh ajudikator di SATPAS dan lakukan perpanjangan 30 hari sebelum masa berlaku habis.
Apa yang harus saya lakukan dengan SIM lama saya jika SIM baru saya sudah diterima?
Apakah saya dapat memperpanjang SIM yang sudah mati?
Berapa minimal masa berlaku SIM untuk melakukan perpanjangan?
SATPAS mana saja yang menerima pengajuan SIM Online?
Berikut adalah SATPAS yang menerima perpanjangan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas POLRI.
- Dirlantas Daan Mogot
- Polres Depok Margonda
- Polres Jombang
- Polres Denpasar
- Polrestabes Medan
- Polresta Padang
- Polresta Bengkulu
- Polresta Palembang
- Polersta Serang
- Polres Tangerang Selatan
- Polresta Bandung
- Polres Banyumas
- Polresta Surakarta
- Polresta Kebumen
- Polrestabes Semarang
- Polrestabes Surabaya
- Polresta Banyuwangi
- Polres Tulungagung
- Polresta Mataram
- Polres Kupang Kota
- Polresta Pontianak Kota
- Polrestabes Makassar
- Polres Kendari
- Polres Gorontalo Kota
- POLRESTA JAMBI
- POLRESTA PEKANBARU
- POLRESTA BARELANG
- POLRESTA BANDAR LAMPUNG
- POLRES METRO TANGERANG KOTA
- POLRES METRO BEKASI KOTA
- POLRES METRO BEKASI
- POLRESTABES BANDUNG
- POLRESTA BOGOR KOTA
- POLRES KARAWANG
- POLRES TASIKMALAYA KOTA
- POLRES PEMALANG
- POLRESTA YOGYAKARTA
- POLRESTA SIDOARJO
- POLRES GRESIK
- POLRES MALANG
- POLRES JEMBRANA BALI
- POLRESTA BANJARMASIN
- POLRESTA PALANGKA RAYA
- POLRESTA BALIKPAPAN
- POLRESTA SAMARINDA
- POLRES BULUNGAN
- POLRESTA MAMUJU
- POLRES PALU
- POLRESTA MANADO
- POLRESTA AMBON
- POLRES TERNATE
- POLRESTA JAYAPURA KOTA
- POLRES SORONG KOTA
- POLRES PANGKAL PINANG
Ketik nama kota pada kolom pencarian SATPAS.
Jika SATPAS yang Anda inginkan tidak ada dalam daftar di atas, Anda dapat memilih salah satu SATPAS di atas dan memilih metode pengiriman POS Indonesia agar SIM dikirim ke tempat Anda
Mengapa masa berlaku SIM yang ada di aplikasi belum berubah ke lima tahun kedepan?
Jika Anda belum melakukan pengajuan perpanjangan SIM, maka SIM Digital yang Ada di aplikasi adalah SIM lama Anda. Jika Anda sudah melakukan perpanjangan SIM, sudah melakukan pembayaran, dan SIM baru sudah diterima, SIM Digital yang ada di aplikasi akan terupdate dengan masa berlaku yang baru setelah Anda menekan tombol “perbaharui” (klik saat SIM baru Anda diterima).
Jika saya sudah melakukan digitalisasi SIM, apakah dapat menggantikan kartu fisik?
Digital ID yang ada di aplikasi Digital Korlantas POLRI tidak dapat menggantikan dokumen fisik Anda, melainkan sebagai pelengkap.
Mengapa pengajuan saya ditolak?
Jika pengajuan SIM Anda ditolak, maka terdapat ketidaksesuaian data yang Anda berikan atau ada persyaratan dokumen yang tidak lengkap. Silahkan cek rekening pengembalian dana Anda secara berkala.
Apakah Saya dapat melakukan pengajuan ulang jika pengajuan saya ditolak?
Ya, Anda dapat melakukan pengajuan melalui aplikasi, selama masa berlaku SIM Anda masih berlaku.
Bagaimana cara melihat status transaksi saya?
- Pastikan Anda sudah berhasil login ke aplikasi Digital Korlantas
- Pilih menu “Transaksi” untuk melihat status transaksi Anda.
- Ada 5 status transaksi di Tab Sedang Proses:
- Proses registrasi : Anda telah melakukan proses registrasi
- Dibayar : Anda telah melakukan pembayaran
- Diproses : SATPAS sedang melakukan verifikasi data Anda
- Diterbitkan dan Dikemas: SIM telah dicetak dan sedang dikemas
- Dikirim : dokumen telah dikirim oleh PT POS Indonesia
- Selesai: proses perpanjangan SIM Anda telah selesai setelah Anda mengisi indeks kepuasan masyarakat.
- Status transaksi di Tab Riwayat:
- Untuk melihat status transaksi Anda yang sudah selesai atau pengajuan Anda ditolak oleh SATPAS
Apakah pengajuan Saya pasti diterima?
Jika data yang Anda berikan benar dan dokumen yang diperlukan lengkap, SATPAS dapat memproses pengajuan Anda. Namun, jika dokumen yang diperlukan tidak lengkap, pengajuan Anda dapat ditolak SATPAS.
Untuk itu menghindari penolakan SATPAS, pastikan dokumen yang diperlukan benar dan lengkap dan lakukan pengajuan 30 hari sebelum masa berlaku habis.
Mengapa SIM di aplikasi statusnya unverified?
Status unverified akan berubah jika Anda sudah melakukan perpanjangan SIM di aplikasi Digital Korlantas Polri dan SIM yang baru sudah Anda terima.
Apakah Saya bisa melakukan perpanjangan SIM jika posisi saya sedang di luar Indonesia?
Perpanjangan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas Polri belum dapat dilakukan di luar Indonesia